Selasa, 25 Mei 2010

Pilih D3000 atau D5000 ya?

Ada temen saya  dari forum sebelah tanya gini :
Mohon saran..
saya seorang pemula yg rencana mo beli kamera slr..
bingung mo pilih D5000 atau D3000
suwun..
Begini respon saya :
D3000
- Masih pake sensor lama (CCD 10mp) sama spt d40x & d60
- Tanpa Live view
- Tanpa fitur perekaman video


D5000
- Sensor baru (CMOS 12 mp)
- Ada Live view
- Rekam video HD ready (720p) walaupun kurang bagus dan speaker masih mono
- Vari-angle lcd --> lcd bisa diputar

Secara fitur dan performance saya prefer D5000
Untuk pemula sebaiknya beli yang 2nd/second. Bisa cek di bursa.fotografer.net  TAPI, kedua kamera ini punya kelemahan (yang membuat saya tidak akan pernah membelinya) yaitu:

1. Ngga ada internal motor ---> siap2 saja Manual focus bagi pemakaian lensa non-motor (seperti nikkor 50mm f1.8/tokina 12-24 f4)
2. Body-nya ringkih alias daya tahannya jelek (saya bandingin sama d40 saya yg notabene produk lama, bodynya jauh lebih KOKOH)

Kalau kamu punya dana lebih mendingan beli D90 :)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar